Cute Rocking Baby Monkey

CSE

Loading

Selasa, 10 Desember 2013

Ahli Gizi Indonesia selamat berjuang

Profesi ahli gizi ,, ehm, mungkin tak banyak orang tau mengenai detail dari profesi itu. Tak jarang orang menanyakan, profesi bagian apa ahli gizi itu. Kebanyakan orang hanya tahu profesi dokter, perawat, bidan, dan lain sebagainya. namun, di sisi lain tak ada yang mengetahui peran penting seorang ahli gizi itu, sehingga namanya pun tak begitu familiar di telinga masayarakat.
Saya sebagai calon seorang ahli gizi pun, rasanya sangat menyayangkan akan keadaan ini. Padahal, tanpa seorang ahli gizi mungkin semuanya tak berjalan dengan baik.
Ahli gizi adalah salah satu dari sekian banyak profesi dari tenaga paramedis. ahli gizi bertugas dalam hal asupan makanan seorang pasien.Ilmu gizi publik adalah ilmu gizi yang diaplikasikan untuk kesejahteraan publik (masyarakat luas) dengan tidak sengaja mengkaitkannya dengan masalah kesehatan masyarakat, tetapi juga dengan masalah-masalah ekonomi, kemiskinan, pertanian, lingkungan hidup, pendidikan , kesetaraan gender, dan masalah-maslah pembangunan manusia lainnya.
Secara umum, paling tidak seorang ahli gizi memiliki 3 peran, yakni sebagai dietisien, sebagai konselor gizi, dan sebagai penyuluh gizi. Berikut dapat kita lihat satu per satu.
Dietisien adalah seseorang yang memiliki pendidikan gizi, khususnya dietetik, yang bekerja untuk menerapkan prinsip-prinsip gizi dalam pemberian makan kepada individu atau kelompok, merencanakan menu, dan diet khusus, serta mengawasi penyelenggaraan dan penyajian makanan (Kamus Gizi, 2010).
Sedangkan  seorang konselor gizi adalah ahli gizi yang bekerja untuk membantu orang lain (klien) mengenali, mengatasi masalah gizi yang dihadapi, dan mendorong klien untuk mencari dan memilih cara pemecahan masalah gizi secara mudah sehingga dapat dilaksanakan oleh klien secara efektif dan efisien. Konseling biasanya dilakukan lebih privat, berupa komunikasi dua arah antara konselor dan klien yang bertujuan untuk memberikan terapi diet yang sesuai dengan kondisi pasien dalam upaya perubahan sikap dan perilaku terhadap makanan (Magdalena, 2010).
Kemudian peran ahli gizi yang satu lagi ialah sebagai penyuluh gizi. Yakni seseorang yang memberikan penyuluhan gizi yang merupakan suatu upaya menjelaskan, menggunakan, memilih, dan mengolah bahan makanan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku perorangan atau masyarakat dalam mengonsumsi makanan sehingga meningkatkan kesehatan dan gizinya (Kamus Gizi, 2010). Penyuluhan gizi sebagian besarnya dilakukan dengan metode ceramah (komunikasi satu arah), walaupun sebenarnya masih ada beberapa metode lainnya yang dapat digunakan. Berbeda dengan konseling yang komunikasinya dilakukan lebih pribadi, penyuluhan gizi disampaikan lebih umum dan biasanya dapat menjangkau sasaran yang lebih banyak.
Ketiga peran itu hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli gizi atau seseorang yang sudah mendapat pendidikan gizi dan tidak bisa digantikan oleh profesi kesehatan manapun, karena ketiga peran itu saling berkaitan satu sama lain, tidak dapat dipisahkan.
Sebagai calon dari sekian banyak generasi penerus ahli gizi, saya hanya berharap agar fungsi, tugas dan keberadaan ahli gizi tidak di pandang sebelah mata lagi oleh masyarakat. without a nutritionist, everybody won’t be health.

baca selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar